Jumat, 06 Januari 2012

FORMAT TATA PENULISAN DESKRIPSI PENDAFTARAN INVENSI DALAM HAKI (SUATU CATATAN SINGKAT ULHAQ ANDYAKSA)


Deskripsi

LAMPU TIDUR DENGAN PEMBASMI NYAMUK

Bidang Teknik Penemuan
Invensi ini berkaitan dengan alat yang digunakan untuk menerangi atau biasa sehari hari disebut lampu dan khususnya penemuan ini berkenaan dengan lampu tidur yang dapat mengusir nyamuk serta dipergunakan untuk penerangan dan mengusir  nyamuk. Lampu tidur tersebut terlekat pada sebuah pembasmi nyamuk elektrik yang digunakan untuk mengusir nyamuk.

Latar Belakang Invensi
Saat ini telah banyak orang menggunakan lampu tidur sebagai alat untuk menerangi dan sudah  banyak orang yang menggunakan pembasmi nyamuk untuk mengusir nyamuk. Pembasmi nyamuk yang digunakan untuk mengusir nyamuk belum ada yang memiliki lampu tidur. Pada umumnya pembasmi nyamuk yang digunakan secara masing-masing yaitu penggunaan untuk pengusir nyamuk sendiri dan pengunaan lampu tidur juga sendiri. Dengan kata lain penggunaan lampu tidur dan pembasmi nyamuk selama ini terpisah.
Disamping itu, penggunaan lampu tidur pun sudah pernah ada. Penggunaan lampu tidur banyak dipergunakan untuk menerangi saat tidur,  sebagai alat untuk merangsang tidur, dan untuk menghindari rasa takut bagi sebagian orang. Pembasmi nyamuk elektrik  yang diperuntukkan sebagai alat mengusir nyamuk pun sudah banyak dipergunakan oleh rumah, perkantoran, sekolah,  dan sebagainya, pembasmi nyamuk elekrik dasarnya terbuat dari bahan plastik, kramik, kabel, dan obat sebagai pengusir nyamuk.
Namun demikian, peralatan-peralatan di atas masih banyak kendala dan kelemahan-kelemahan di antaranya adalah penggunaan lampu tidur dan pembasmi nyamuk secara terpisah memerlukan inovasi yang dapat menggabungkan kedua alat tersebut. Biasanya lampu tidur dan pembasmi nyamuk elektrik digunakan pada waktu seorang tidur, apabila lampu tidur dan pembasmi nyamuk elektrik berada di area kamar tidur akan mengurangi kenyamanan pengguna. Disamping itu kamar tidur yang ada lampu tidur dan pembasmi nyamuk  elektrik yang terpisah membuat pengguna sering kali lupa menyalakan salah satu dari alat tersebut. Hal lain yang cukup menyusahkan adalah dalam hal kerapian kamar dan penggunaan kabel pembasmi nyamuk elektrik cukup mengganggu kenyamanan pengguna. Demikian pula karena lampu tidur dan pembasmi nyamuk elektrik terpisah, maka dibutuhkan waktu dan kebiasaan ketika pengguna hendak menggunakan lampu dan pembasmi nyamuk tersebut.
Selanjunya penemuan ini dapat mengatasi permasalahan-permasalahan yang dikemukakan tersebut diatas dengan cara atau melalui pemecahan masalah sebagai berikut : lampu tidur yang digunakan untuk menerangi dan pembasmi nyamuk yang digunakan untuk mengusir nyamuk dirangkai menjadi satu bagian, sehingga perangkaian tersebut lebih fleksibel, efisien, presisi dan ekonomis. Lampu tidur dan pembasmi nyamuk elektrik dirangkai menjadi satu kesatuan yang utuh. lampu tidur dan pembasmi nyamuk elektrik yang ukurannya relatif kecil dan praktis dapat menghemat penggunaan ruangan sehingga tidak memerlukan tempat khusus. Lampu tidur dengan pembasmi nyamuk elektrik dirangkai dengan presisi dan berada dibawah invensi yang dipergunakan untuk menerangi dan mengusir nyamuk. Lampu tidur dan pembasmi nyamuk elektrik ini memiliki tambahan invensi berupa sinar warna untuk merangsang tidur. Dengan adanya sinar warna untuk merangsang tidur tersebut maka akan menimbulkan rasa ngantuk bagi penggunanya. Sinar warna yang berada dibagian invensi inipun juga dapat digunakan untuk memperindah ruangan. Invensi ini mampu menghemat ruangan, biaya dan sebagai dekorasi ruangan. Karena penemuan ini mampu menggunakan ruangan yang efektif, efissien, presisi, lebih murah dan praktis karena ukurannya yang relatif kecil dan tidak terpisah.

Ringkasan Invensi
Invensi kini terdiri dari suatu peralatan yang bisa digunakan untuk menerangi, hiasan, mengusir nyamuk, tutup untuk melindungi lampu, bagian sinar warna ini, serta invensi ini dapat ringkas dengan menghemat tempat.
Bagian-bagian yang terdapat dalam invensi ini terdiri dari lampu yang ditutupi oleh fiber sehingga pengguna mendapatkan keamanan dalam penggunaanya. Lampu tersebut juga memiliki tombol power yang aman dan presisi sehingga pengguna terhindar dari tersengat listrik. Penemuan kini ini juga dilengkapi dengan pembasmi nyamuk  elekrik untuk mengusir nyamuk yang terdiri dari bahan plastik yang keras dan kuat dan dilengkapi bahan pengusir nyamuk sehingga mampu mengusir nyamuk yang ada diruangan. Pembasmi nyamuk elekrik ini memiliki wangi aromatik sehingga pengguna merasa nyaman serta bahan yang nyaman dan kuat yang berguna untuk kemudahan dan kenyamanan para pengguna.
Lampu dengan pembasmi nyamuk elekrik ini juga dilengkapi dengan sinar warna yang berada di sekeliling lampu dan sinar warna tersebut  tersambung dengan tombol power untuk mengaktifkan. Sinar warna tersebut biasa digunakan untuk menberi cahaya variasi berupa warna hijau, biru dan merah. Kerangka lampu dan pembasmi nyamuk elekrik ini dibuat dari bahan fiber dan plastik dengan sambungan ke listrik yang dilapisi oleh bahan anti kontak dimana bagian lampu dan elekrik tersusun secara presisi menjadi satu sehingga menjadi efisien digunakan dalam ruangan. Lampu dengan pembasmi nyamuk elektrit ini dapat diringkas menjadi satu kesatuan sehingga praktis dalam penggunaannya sehingga tidak menyusahkan penggunanya. Penggunaan lampu pembasmi nyamuk elektrik mudah dalam penggunaanya. Baik penggunaan dalam hal pengaktifan maupun dalam penataannya.

Uraian Singkat Gambar
Agar dapat invensi ini dijelaskan sepenuhnya, salah satu contoh perwujudan tertentu akan diuraikan secara terperinci dengan mengacu pada gambar-gambar yang menyertai, dimana:
 Gambar 1 adalah gambar tampak depan dari invensi ini dalam keadaan berdiri.
 Gambar 2 adalah gambar tampak atas dari invensi ini dalam keadaan berdiri.
 Gambar 3 adalah gambar tampak belakang dari invensi ini dalam keadaan berdiri.
 Gambar 4 adalah gambar tampak bagian terbuka dari invensi ini dalam keadaan berdiri.
 Gambar 5 adalah gambar posisi invensi ini tampak tertutup dari depan.

Uraian Lengkap Invensi
Lampu tidur dengan pembasmi nyamuk elektrik menurut invensi ini terdiri dari suatu kop lampu dari bahan fiber yang menutupi bagian dari lampu (a), bahan kop lampu terbuat dari fiber sehingga aman  saat  pemakaian. Kop tadi pada bagian bawahnya terbuat dari fiber yang kuat (a1). Bagian lain dari lampu ini yaitu sebuah pembasmi nyamuk yang dapat digunakan sebagai alat pengusir nyamuk dengan lapisan yang kuat dan halus (b), pembasmi nyamuk elektrik tersebut dari bahan dasarnya yaitu plastik. Pembasmi nyamuk tersebut disangga oleh besi yang dikaitkan erat pada penyangga nyamuk (b1), juga menggunakan bahan keramik dan plastik sebagai bahan yang menopang dari invensi ini (d1), suatu unit stecker digunakan sebagai penghubung ke arus listrik (d2), tempat dudukan lampu terbuat dari kerangka utama besi yang dibungkus oleh bahan fiber dan plastic (c1), untuk bagian pemanas terbuat dari bahan keramik dengan diberi bahan anti konsleting.

Dalam perwujudan invensi yang telah dijelaskan diatas masih dimungkinkan dibuat modifikasi-modifikasi oleh orang yang ahli dibidangnya. Oleh karena itu klaim invensi terlampir dimaksudkan untuk semua modifikasi yang masih dalam lingkung penemuan ini.

Klaim
1.Suatu alat yang digunakan untuk menerangi berbentuk lampu dengan pembasmi nyamuk elektrik yang terkait menjadi satu. Lampu dengan pembasmi nyamuk elektrik ini terdiri dari:
-            Suatu unit penyangga depan terbuat dari plastik yang kuat dan berfungsi sebagai casing, bagian depan lampu yang berasal dari bahan yang tahan panas dan dilapisi bahan anti meleleh (a) dan (a2), untuk menempelkan bahan tersebut dilakukan dengan klep yang presisi (a3), pada bagian bawah dari invensi dilapisi plastic (b2)
-            Pada bagian depan lampu terbuat dari fiber dan plastik yang halus dan mengkilap sebagai penutup dari lampu dan pembasmi nyamuk elektrik (c2 ), bagian bawah lampu terdapat sambungan listrik yang kuat dan dapat dipindahkan (b3).
-            Untuk menyambung dan menghubungkan lampu dan pembasmi nyamuk elektrik digunakan baut yang disekrup dan dapat dibuka ketika terjadi kerusakan (b4).
-            Bagian utama dari lapu terbuat dari fiber dan plastik yang kuat dan mengkilap (Gambar  2 ), dan pada bagian tengah terdapat lampu berkedip sebagai tanda alat telah bekerja (b5) pada sisi kanan terdapat kabel yang terbungkus karet yang berfungsi sebagai aliran listrik bagi lampu.
2.Suatu peralatan menurut klaim 1, dimana kerangka fiber dan plastik terbuat dari fiber dan plastik  pilihan yang telah diberi warna dimana fiber dan plastik  ini menjadi kerangka utama dari lampu dengan pembasmi nyamuk Gambar 1, dimana bagian depan dan belakang terbuat dari bahan yang kuat dan tahan panas.

3.Suatu peralatan menurut klaim 1 dimana alat pemancar cahaya terbuat dari bahan plastik dan dihubungkan dengan pembasmi nyamuk dengan diisi dengan bahan pembasmi nyamuk sehingga nyaman dan presisi (Gambar 1) untuk menghubungkan alat pemancar cahaya dengan rangka lampu menggunakan klep, pada bagian bawah diberi bahan karet  guna mencegah lepas dari porosnya.

4.Suatu peralatan menurut klaim 1 sampai 3 dimana alat pembasmi nyamuk elektrik juga berfungsi sebagai rangka yang terbuat dari bahan plastic atau sejenisnya (b) dengan ditopang plastic dibagian depan dan dibagian bawah pembasmi nyamuk elektrik terdapat tempat isi ulang yang terbuat dari plastic atau sejenisnya sebagai bahan cairan yang digunakan untuk pembasmi nyamuk. 

Abstrak

LAMPU TIDUR DENGAN PEMBASMI NYAMUK

Invensi ini berhubungan dengan suatu alat yang digunakan sebagai penerang ruangan disaat tidur, yang pada umumnya dinamakan lampu tidur. Tapi lampu tidur tersebut ditambah berupa cairan pembasmi nyamuk, dimana cairan ini bekerja ketika lampu tidur digunakan yang saling terkait menjadi satu kesatuan yang utuh. Lampu tidur pembasmi nyamuk ini ukurannya kecil, sehingga tidak memerlukan tempat yang luas untuk penngunaannya dan penyimpanannya. Invensi ini sangat ekonomis, praktis, dan efisien. Lampu tidur ini sangat praktis karena ukurannya kecil, sehingga mudah dibawa dan dipindah tempatkan dan juga dapat digunakan sebagai pembasmi nyamuk karena lampu ini memiliki cairan pembasmi nyamuk yang terkait satu sama lain menjadi satu kesatuan. Lampu tidur ini terbuat dari plastic pilihan yang kuat dan digunakan sebagai kerangka utama. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar